Pengamat: Anggawira Berpeluang Besar Menang di Pilkada Bekasi 2018

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, angkat bicara soal pencalonan Juru Bicara (Jubir) Anies- Sandi, Anggawira menjadi calon Walikota Bekasi 2018. Adi menilai peluang Anggawira dalam kontesasi ini masih terbuka lebar terlebih dirinya terbukti memiliki kealihan dan pengalaman dalam bidang politik.

“Saya kira masih cukup terbuka peluangnya untuk menang di Pilkada Bekasi. Apalagi dia merupakan tim sukses Anies- Sandi artinya dia cukup punya kelihaian secara politik. Yang kedua, salah satu yang menjadi modalnya adalah dia memiliki kedekatan dengan Gubernur DKI Jakarta terpilih. Ini lebih memungkinkan untuk membangun kota Bekasi kedepan,” papar Adi kepada awak media.

Pasalnya, selama beberapa tahun terakhir Adi melihat hubungan antara Bekasi dan Jakarta agak gaduh setelah muncul persoalan mengenai pengelolaan sampah ketika antrean truk pengangkat sampah mencapai 12 jam untuk bisa masuk ke TPST Bantar Gebang, Bekasi.

“Suka tidak suka, beberapa tahun terakhir hubungan Kota Bekasi dan Jakarta agak gaduh misalnya soal sampah. Ini membuktikan bahwa antara Gubernur dan Walikota bekasi memang kurang sejalan kala itu,” imbuh Adi.

Sementara Anggawira, sambung Adi memiliki kedekatan secara emosional dan politik dengan Gubernur DKI Jakarta terpilih. Ini menjadi salah satu poin penting karena bila terjadi persoalan dikemudian hari akan lebih mudah untuk dikomunikasikan dan dicarikan solusi secara cepat dan tepat.

“Modal sosial dan modal politik Walikota Bekasi dengan Gubernur DKI Jakarta ini sangat penting karena Bekasi merupakan salah satu kota penyangga utama Jakarta selain Depok, Tangerang, dan Bogor. Artinya kalau dia menang persoalan Bekasi dan Jakarta bisa lebih mudah dikomunikasikan,” kata Adi.

Selain itu, Anggawira dikatakan Adi menjadi salah satu calon pemimpin berusia muda yang berlatar belakang sebagai pengusaha dan aktivis. Untuk itu Anggawira memiliki pemahaman luas seputar ekonomi dan memiliki kepekaan sosial.

“Sebenarnya memang harus ada calon alternatif untuk Bekasi karena sudah hampir dua periode dibawah kepemimpinan incumbent sepertinya Bekasi belum ada perubahan yang cukup maksimal. Misalnya seperti soal penataan kota yang masih jauh dari harapan, kurangnya ruang terbuka hijau, lingkungan gersang. Ya, seperti orang – orang bilang seperti ada di planet lain”.

Sumber : https://mediaharapan.com/pengamat-anggawira-berpeluang-besar-menang-di-pilkada-bekasi-2018/

Related Posts

Leave a Comment!

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *